Log in Register FAQ Memberlist Search Swift Indonesia Forum Index

Pusing oli transmisi matic...

 
Post new topic   Reply to topic    Swift Indonesia Forum Index » It's a boy thing...!
View previous topic :: View next topic  
Author Message
bayismoyo



Joined: 25 Jan 2007
Posts: 33
Location: Jakarta

PostPosted: Mon Jan 29, 2007 4:40 pm    Post subject: Pusing oli transmisi matic... Reply with quote #12

Soal ganti oli transmisi matic ternyata nggak sesederhana yang kita kira...

Karna bingung, gue browsing internet, baca majalah/tabloid mobil, tanya temen (yang ngerti), tanya toko oli, dan tanya beberapa mekanik... Tapi malah tambah bingung...

Ok, gue tulis satu persatu temuan gue;

1. Pihak Suzuki bilang bahwa penggantian oli transmisi matic sebaiknya setiap 80.000-100.000km, dan sejelek-jeleknya jika uang bukan masalah bisa saja setiap 50.000km. Dengan catatan penggantian yang baik adalah di Suzuki Pulo Gadung (satu-satunya) karena mereka memiliki alat yang dapat menguras oli transmisi tanpa menyisakan sedikitpun oli lama, penggantian menghabiskan hingga 9 liter oli. Karena penggantian yang tidak benar malah akan menyebabkan transmisi matic tidak berfungsi normal/rusak.

2. Di tabloid, majalah, dan browsing internet, ada yang menyebutkan; - penggantian setiap 3 kali ganti oli mesin (5.000km X 3 = setiap 15.000km)
- penggantian setiap tahun sekali (antara 10.000-20.000km)
- penggantian setiap dua tahun sekali (antara 30.000-40.000km)

3. Temen gue menyarankan setiap tahun sekali dan nggak usah ganti, cek aja kalo kurang tambahin.

4. Toko oli bilang, kapan aja kalo mau ganti bisa aja...cukup beli sekitar 6 liter.

Tambah bingungkan, siapa yang bener... Suzuki bilang tanda transmisi matic harus ganti oli adalah; - saat pengecekan oli berubah warna dan kekentalan berubah
- terjadinya hentakkan yang tidak normal pada perpindahan gigi
- km yang dimaksud dibuku service terpenuhi (80.000-100.000km)

BANTUIN DONG BRO!!!



_________________
Bay ISMOYO
0811-137-517
081-82-83-842
321-44-129
bay.ismoyo@afp.com
bayismoyo@gmail.com
apgmg@yahoo.com
Back to top
View user's profile Send private message Send e-mail Visit poster's website Yahoo Messenger
zc21s



Joined: 03 Feb 2007
Posts: 130

PostPosted: Mon Mar 05, 2007 8:34 pm    Post subject: Reply with quote #56

Untuk saya sendiri, saya akan ganti oli apabila; perpindahan transmisi berasa tidak normal & cara nyetir agresif.

Pergantian oli matic sih paling bagus paling lambat setahun sekali kalau menurut itungan tahun. Kl menurut itungan kilometer, jika dimanual disebutkan 100,000km, saya akan ganti pada 50,000km. Untuk pengecekan saya melakukannya 1 minggu sekali. Sampai sekarang masih dalam batas normal km2000-an.


Back to top
View user's profile Send private message
pertamax



Joined: 21 Feb 2007
Posts: 237

PostPosted: Tue Mar 06, 2007 10:07 am    Post subject: Reply with quote #59

dr pengalaman saya make mobil matik, biasanya diganti tiap 20,000km
tp kalo nguras blom pernah, mungkin kalo 100,000 km kali ya
soalnya dr dulu mobil matik dirmh ga ada yg nyampe 50,000 atau 100,000KM

btw, ngecek oli matik swift dr mana ya?


Back to top
View user's profile Send private message
Display posts from previous:   
Post new topic   Reply to topic    Swift Indonesia Forum Index » It's a boy thing...! All times are GMT + 7 Hours
Page 1 of 1

 
Jump to:  
You cannot post new topics in this forum
You cannot reply to topics in this forum
You cannot edit your posts in this forum
You cannot delete your posts in this forum
You cannot vote in polls in this forum


© 2007-2008 Informe.com. Get Free Forum Hosting
Powered by phpBB © 2001- 2004 phpBB Group
 :: 
Theme created by phpBBStyles.com | Themes Database